ANALISIS DISSPLACEMENT PADA CHASSIS MOBIL LISTRIK WASAKA

Authors

  • Hajar Isworo Universitas Lambung Mangkurat
  • Abdul Ghofur Universitas Lambung Mangkurat
  • Gunawan Rudi Cahyono Universitas Lambung Mangkurat
  • Joni Riadi Politeknik Negeri Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.34128/je.v6i2.103

Keywords:

Chassis, Tegangan

Abstract

Abstrak. Chassis merupakan salah satu komponen penting dalam mobil karena chassis berfungsi menopang beban dan tempat melekatnya berbagai komponen mobil, dalam penelitian kali ini akan membahas mengenai analisa tegangan yang terjadi akibat beban pada chassis mobil listrik wasaka. Material yang digunakan adalah baja hollow 4x7 dengan ketebalan 3mm, metode yang digunakan meliputi pembuatan desain chassis, perhitungan menggunakan software autodesk inventor, dari hasil analisis maka diperoleh hasil berupa tegangan maksimum yang terjadi adalah 34,77 Nm untuk beban penumpang dan driver sebesar 350 N, tegangan maksimum yang terjadi adalah 1,133 Nm untuk beban mesin sebesar 150 N, dan tegangan maksimum yang terjadi 0,2217 Nm untuk  beban keseluruhan pada mobil listrik wasaka

References

Abian Nurrohmad, Analisa Faktor Intensitas Tegangan Pelat Datar Dengan Model Retak Tepi Dan Retak Tengah, Pusat Teknologi Penerbangan, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Iptek Penerbangan dan Antariksa 2018.
Afandy Munandar, Faris. 2011. Analisis eksperimental Dan Teoritis Lendutan Pada Balok Dengan Variasi Ketebalan Dan Pembebanan. Jurnal Penelitian. Makassar: Fakultas Teknik, Universitas Hasanuddin.
Bambang Setyono, Mrihrenaningtyas, Abdul Hamid, Perancangan Dan Analisis Kekuatan Frame Sepeda Hibrid “Trisona” Menggunakan Software Autodesk Inventor. Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya. Jurnal IPTEK Vol. 20 No. 2, Desember 2016.
Bawa, H.S. 2004. Manufacturing Process II. Tata McGraw-Hill New Delhi
Daryanto 2010. Proses Pengolahan Besi dan Baja (ilmu Metalurgi). Bandung: Satu Nusa.
Fadila, Ary dan Bustami Syam. 2013. Analisis Simulasi Struktur Chasis Mobil Mesin USU Berbahan Besi Strukur terhadap beban Statik dengan menggunakan Perangkat Lunak ANSYS 14.5. Jurnal Penelitian Medan : Fakultas Teknik, Universitas Sumatra Utara.
Fadlil Adhim, Muhammad dan Alief Wikarta. 2013. Analisis Struktural Performa chasis Sapuangin Speed 2013. Jurnal Penelitian Surabaya: Fakultas Teknologi Industri, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Finite Element Analysis of Formula Student Chasis Middlesbrough: School of Science & Engineering, Teeside University England Baker, Christopher Scott 2004.
FoES Formula SAE-A Space Frame Chassis Design. Queensland Faculty of engineering & surveying. University 0f shouter queensland Australia.
Kosasih, Prabuono Buyung. 2012. Teori dan Aplikasi metode Elemen Hingga. Yogyakarta: Penerbit ANDI.
Meredith D., Dale et al. 1992. Perancangan Perencanaan system rekayasa. Jilid 1. Edisi kedua. Diterjemahkan oleh Agus Maulana. Jakarta : Penerbit Erlangga.
Meriam, J.L dan L.G. Kraige. 2004. Engineering Mechanic Static, ed. 5. John Wiley & Sons (Asia) Pte.Ltd.:Singapore.
Mitchell, Larry D. dan Joseph Edward Shigley.1991. Perancanaan Teknik Mesin, ed 4. Diterjemahkan oleh: Gandhi Harahap.Jakarta: Erlangga.
Muhammad Hardiyansyah, Imam Syafa’at, M.Dzulfikar, Analisis Tegangan, Defleksi, Dan Faktor Keamanan Pada Pemodelan Footrest Sepeda Motor Y Dengan Aplikasi Autodesk Inventor Berbasis Simulasi Elemen Hingga, Universitas Wahid Hasyim. Jurnal Ilmiah Cendekia Eksakta.
Munandar, F. dan Arfandy. 2011. Analisis Eksperimental Dan Teoritis Lendutan Pada Balok Dengan Variasi Ketebalan Dan Pembebanan. Skripsi. Makasar: Universitas Hasanudin
Pinem, Mhd. Daud. 2010. Mekanika Kekuatan Material Lanjut Bandung: Rekayasa Sains.
Rochmad Winarso, Simulasi Dan Pemodelan Metal On Metal Bearing Menggunakan Elemen Hingga, Universitas Muria Kudus, Prosiding SNATIF Ke -1 Tahun 2014.
Sutantra, I Nyoman. 2001. Teknologi Otomotif Teori dan Aplikasinya Surabaya: Prima Printing.
Tria Mariz Arief, Sugianto, Simulasi Dan Pemodelan Metal On Metal Bearing Menggunakan Elemen Hingga.

Downloads

Published

2019-12-28

How to Cite

Isworo, H., Ghofur, A., Cahyono, G. R., & Riadi, J. (2019). ANALISIS DISSPLACEMENT PADA CHASSIS MOBIL LISTRIK WASAKA. ELEMEN : JURNAL TEKNIK MESIN, 6(2), 94–104. https://doi.org/10.34128/je.v6i2.103

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>