ANALISA DAN REDESAIN SPROCKET ASSEMBLY CONVEYOR RAKE C2 DI STASIUN KETEL PG NGADIREJO

Authors

  • Eka Marliana Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Ismail Ismail Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Moch Yanuar Ramadhan Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.34128/je.v8i2.167

Keywords:

poros, sproket, analisa, statis, kelelahan

Abstract

Menurut data, diketahui bahwa salah satu komponen mesin yang seringkali mengalami kegagalan pada PG Ngadirejo dan harus dilakukan penggantian setiap kali overhaul adalah poros sproket pada conveyor rake C2 timur di stasiun ketel. Secara umum conveyor ini digunakan untuk proses suplai ampas bahan bakar di stasiun ketel. Dalam penelitian ini dilakukan analisa kegagalan dan kelelahan dengan metode elemen hingga pada software Ansys. Material yang dianalisa adalah baja HQ705 dengan pembebanan statis. Analisa yang dilakukan meliputi analisa struktural statis dan analisa kelelahan pada poros sproket. Berdasarkan analisa tersebut didapatkan perpindahan maksimum yang terjadi sebesar 0.001163 m, tegangan equivalent maksimum 71.8 MPa, life minimum 17.237 siklus, tegangan geser maksimum 38.44 MPa, faktor keamanan minimum 0.557744. Kegagalan yang terjadi pada hasil analisa tersebut sesuai dengan lokasi kegagalan yang sesungguhnya. Proses redesain dilakukan dengan material HQ709, dengan material ini didapatkan nilai life minimum 50539 siklus.

References

[1] B. Bai, L. Zhang, T. Guo, and C. Liu, “Analysis of dynamic characteristics of the main shaft system in a hydro-turbine based on ANSYS,” Procedia Eng., vol. 31, pp. 654–658, 2012, doi: 10.1016/j.proeng.2012.01.1081.
[2] K. Sathishkumar and N. Ugesh, “Finite element analysis of a shaft subjected to a load,” ARPN J. Eng. Appl. Sci., vol. 11, no. 9, pp. 5996–6000, 2016.
[3] G. Van Zyl and A. Al-Sahli, “Failure analysis of conveyor pulley shaft,” Case Stud. Eng. Fail. Anal., vol. 1, no. 2, pp. 144–155, 2013, doi: 10.1016/j.csefa.2013.04.011.
[4] I. A. Pahlawan, A. A. Arifin, E. Marliana, and H. Irawan, “Effect of welding electrode variation on dissimilar metal weld of 316l stainless steel and steel ST41,” IOP Conf. Ser. Mater. Sci. Eng., vol. 1010, no. 1, 2021, doi: 10.1088/1757-899X/1010/1/012001.
[5] M. Bai, S. Ren, and H. Zheng, “FEM analysis and design of sprocket connecting shaft on sintering machine,” Proc. - 2010 WASE Int. Conf. Inf. Eng. ICIE 2010, vol. 3, pp. 144–147, 2010, doi: 10.1109/ICIE.2010.212.
[6] A. H. Ertas, V. Alkan, and A. F. Yilmaz, “Finite element simulation of a mercantile vessel shipboard under working conditions,” Procedia Eng., vol. 69, pp. 1001–1007, 2014, doi: 10.1016/j.proeng.2014.03.082.
[7] L. Frizziero and L. Piancastelli, “Accelerated FEM analysis for critical engine components,” Walailak J. Sci. Technol., vol. 12, no. 2, pp. 151–165, 2015, doi: 10.14456/vol12iss1pp.
[8] Tsubaki, “Tsubaki - Drive chains & Sprockets.” p. 287, 2018.
[9] P. Tira Austenite Indonesia, “Machinery Steel Series High Quality Machinery Steel.” .

Published

2022-08-18

How to Cite

Marliana, E., Ismail, I., & Ramadhan, M. Y. (2022). ANALISA DAN REDESAIN SPROCKET ASSEMBLY CONVEYOR RAKE C2 DI STASIUN KETEL PG NGADIREJO. ELEMEN : JURNAL TEKNIK MESIN, 8(2), 77–85. https://doi.org/10.34128/je.v8i2.167

Issue

Section

Articles