PEMANFAATAN LIMBAH SUKU CADANG KENDARAAN MENJADI MEDIA TANAM

  • Adhiela Noer Syaief Politeknik Negeri Tanah Laut
  • Marlia Adriana politeknik negeri tanah laut
  • Yuliana Ningsih politeknik negeri tanah laut

Abstract

Jumlah kendaraan bermotor kian hari kian bertambah. Hal ini tentunya juga berdampak secara langsung terhadap jumlah suku cadang yang harus mengalami pergantian karena usia pakai yang telah habis.Limbah suku cadang kendaraan saat ini belum banyak dimanfaatkan untuk diolah kembali barang yang bernilai ekonomis. Hanya dibuang begitu saja, dan untuk sebagian kecil juga ada yang masih bisa dijual ke penadah barang-barang bekas. Pemanfaatan limbah suku cadang kendaraan menjadi media tanam adalah sebuah upaya untuk memanfaat kan limbah dari hasil pergantian suku cadang kendaraan guna mengurangi pemcemaran pada lingkungan, serta meningkatkan dan memberi suatu nilai tambah atau ekonomis dari barang-barang yang sudah tidak dapat berfungsi sebagimana mestinya lagi. Dalam penelitian ini nantinya akan dilakukan sebuah proses perancangan desain produk media tanam yang berbahan utama suku cadang kendaraan yang telah rusak seperti rantai, gear, bearing, piston, dan lain-lain. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan jumlah suku cadang kendaraan yang terdapat di sejumlah bengkel yang berada di wilayah kabupaten tanah laut di dominasi oleh limbah yang berbahan karet yaitu berjumlah 44 %, kemudian yang berbahan besi atau logam keras sebesar 34 %, dan yang berbahan plastik serta berbahan lainnya masing-masing sebesar 12,5 % dan 10.5 %. Oleh karena itu desain dari produk yang menggunakan limbah suku cadang kendaraan ini akan menggunakan limbah yang persentasenya besar yaitu limbah suku cadang yang berbahan karet dan berbahan besi atau logam keras.

Author Biography

Adhiela Noer Syaief, Politeknik Negeri Tanah Laut

Jurusan Mesin Otomotif, Politeknik Negeri Tanah Laut

References

[1] Arikunto, S. (1992). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
[2] Asron Ferdian Falaah, Cifriadi, A., Dadi R Maspanger. (2013). Pemanfaatan Hasil Pirolisis Limbah Ban
Bekas Sebagai Bahan Pelunak Untuk Pembuatan Barang Jadi Karet, Jurnal Penelitian Karet 31(2) : 149-
158.
[3] Ginting, P. (2007). Sistem Pengelolaan Lingkungan Dan Limbah Industri. Bandung: Yrama Widya.
[4] Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Yogyakarta ; Alfabeta.
[5] Ia’natul mukhlishoh. (_). Pengelolaan Limbah B3 Bengkel Resmi Kendaraan Bermotor Roda Dua Di
Surabaya Pusat. ITS Teknik Lingkungan
Published
2019-12-28
How to Cite
SYAIEF, Adhiela Noer; ADRIANA, Marlia; NINGSIH, Yuliana. PEMANFAATAN LIMBAH SUKU CADANG KENDARAAN MENJADI MEDIA TANAM. ELEMEN : JURNAL TEKNIK MESIN, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 135-142, dec. 2019. ISSN 2581-2661. Available at: <http://je.politala.ac.id/index.php/JE/article/view/96>. Date accessed: 31 oct. 2020. doi: https://doi.org/10.34128/je.v6i2.96.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.