ANALISIS KEKUATAN VARIASI PROFIL RANGKA TERHADAP NILAI DISPLACEMENT, TEGANGAN NORMAL DAN TEGANGAN GESER PADA CHASSIS URBAN CONCEPT SHELL ECO MARATHON

Authors

  • Hajar Isworo Universitas Lambung Mangkurat
  • Rendy Zakaria ULM

DOI:

https://doi.org/10.34128/je.v8i1.159

Keywords:

displacement, tegangan normal, tegangan geser

Abstract

Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui kekuatan sasis shell  eco marathon yang dipengaruhi perbedaan profil ukuran rangka sasis (profil 1,profil 2 dan profil 3), diharapkan sasis mempunyai sifat kuat,ringan, dan displacementnya minimum. Nilai kekuatan yang diuji pada sasis yaiyu tegangan normal, tegangan geser dan displacement menggunakan software autodesk inventor. Dari hasil pengujian didapat nilai terendah pada sasis profil 3 dengan nilai displacement 2,351 mm, nilai tegangan normal 21,43 MPa dan nilai tegangan geser 2,266 MPa.

References

[1] Frick, H. (1979). Mekanika Teknik, Statika Dan Kegunaanya 2. Yogyakarta: Kanisius.
[2] Gere & Timoshenko. (2012). Mekanika Bahan, Jilid 1, Edisi Keempat. Jakarta: Erlangga
[3] Hidayat T., Nazaruddin & Syafri. (2017). Perancangan Dan Analisis Statik Chassis Kendaraan Shell Eco Marathon Tipe Urban Concept. Jom FTEKNIK, Vol. 4, no 2, hlm 1-6
[4] Isworo, H. (2017). Permodelan Analisis Pengaruh Tinggi Main Roll Hoop Terhadap Tegangan dan Displacement Pada Mobil Formula Student Automotive Engineering. SJME Kinematika,Vol 2, No 1, hlm 37-51.
[5] Isworo H., Ghofur, A., Cahyono, G. R., & Riyadi, J. S. (2019). “Analisis Dissplacement Pada Chassis Mobil Listrik Wasaka”. Jurnal Teknik Mesin, Vol 6, no.2, hlm 94 – 104.
[6] Laka O., Nazaruddin & Syafri. (2018). Perancangan Dan Analisis Statik Sistem Rangka Mobil Hemat Energi “Asykar Hybrid Universitas Riau. Jom FTEKNIK, Vol 5, Edisi 2, hlm 1-6.
[7] Mott, R. L., Untener J. A. (2018). Applied Strength Of Materials, 6th Edition, SI Units Version. Boca Raton: CRC Press.
[8] Popov, E. P. & Zainul A. (1993). Mekanika Teknik. Jakarta: Erlangga.
[9] Salafuddin, H .(2016). “Desain dan Analisis Kekuatan Pada Rangka Kendaraan Jenis Prototype Sesuai Standar Shell Eco Marathon Asia”. Skripsi. Fakultas Teknik, Teknik Mesin, Universitas Negeri Jakarta, Jakarta.
[10] Setiawan, A. (2015). Analisis Struktur. Jakarta: Erlangga.
[11] Shell Eco-Marathon. (2020). Shell eco marathon 2020 official rules chapter 1, page 14-21.
[12] Siswanto R., Subagyo, R., Isworo, H., Gapsari, F. (2019). Modeling Analysis Of The Effect Of The Main Rollhoop Length On The Strength Of Formula Student Chassis. Eastern-European Journal of Enterprise Technologies. hlm 22-29
[13] Wesli. (2010). Mekanika Rekaya, Edisi Pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu.
[14] Widhiada, I. W. (2017). Manual Module (Introduction) Training Mechanical Engineering Drawing And Desain Dengan Menggunakan Software Autodesk Inventor Versi 2014 Dan 2017. Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Udayana, Bali.

Published

2021-06-28

How to Cite

Isworo, H., & Zakaria, R. (2021). ANALISIS KEKUATAN VARIASI PROFIL RANGKA TERHADAP NILAI DISPLACEMENT, TEGANGAN NORMAL DAN TEGANGAN GESER PADA CHASSIS URBAN CONCEPT SHELL ECO MARATHON. ELEMEN : JURNAL TEKNIK MESIN, 8(1), 70–76. https://doi.org/10.34128/je.v8i1.159

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)