PERANCANGAN SISTEM KELISTRIKAN PERANGKAT ELEKTRONIK PADA MOBIL LISTRIK
DOI:
https://doi.org/10.34128/je.v6i1.85Keywords:
kelistrikan, elektronik, mobil listrik, kecepatan, dayaAbstract
Mobil Listrik adalah alat transportasi yang sangat ramah lingkungan, karena tidak menimbulkan polusi asap dan suara yang tidak terlalu bising. Mobil listrik digerakkan oleh tenaga listrik yang disimpan dalam baterai maupun tempat penyimpanan energi lainnya. Mobil listrik terdapat perangkat elektronik pendukung yang sangat bermanfaat, contohnya seperti lampu utama, seins, klakson, dan lampu speedometer. Permasalahannya adalah pada konstruksi dari asupan daya yang sangat boros, beban berlebih, dan daya simpan yang minimal. Maka dari itu perlu dibuat mobil listrik dengan harga yang sangat terjangkau, tetapi dengan daya yang besar. Dari permasalahan tersebut maka perlu dilakukan perancangan sistem kelistrikan perangkat elektronik pada mobil listrik. Yaitu melakukan pengujian pengukuran kecepatan, tegangan dan arus, yang dikonversi ke daya total dan waktu tempuh. Hasilnya adalah rangkaian pada mobil listrik terdiri dari 4 buah baterai 12 volt yang dirangkai secara seri untuk tenaga controller dan roda penggerak, sehingga didapat daya tertinggi yang dibutuhkan oleh mobil listrik pada posisi idle d penambahan beban lampu.yaitu sebesar 152,424 watt.
References
[2] Bambang Sujanarko,. (2014). BLDC Motor Control for Electric VehicleBased On Digital Circuit and ProportionalIntegral Controller. Department of Electrical Engineering, University of Jember, Indonesia
[3] Fatkhurrozak, Faqih. Instalasi Wiring Controller Mobil Listrik Tuxuci. Nozzle, (2018), 5.1.
[4] Jurnal Teknik ITS Vol. 5, No. 2, (2016). Perbaikan Faktor Daya Menggunakan Cuk Converter pada Pengaturan Kecepatan Motor Brushless DC. Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknologi Industri, Institut Teknologi Sepuluh Nopember
[5] Kumara, N. S. (2008). Tinjauan Perkembangan Kendaraan Listrik Dunia Hingga Sekarang. Transmisi, 10(2), 89-96.
[6] Nugroho, N., & Agustina, S. (2015). Analisa Motor Dc (Direct Current) Sebagai Penggerak Mobil Listrik. vol, 2, 28-34.
[7] Putra, B. S., Rusdinar, A., & Kurniawan, E. (2017). Desain dan Implementasi Sistem Monitoring dan Manajemen Baterai Mobil Listrik. eProceedings of Engineering, 2(2).
[8] Purwanto,E.,Prabowo, G., Wahyono, E., & Rifadil, M. M. (2011). Pengembangan Model Motor Induksi sebagai Penggerak Mobil Listrik dengan Menggunakan Metode Vektor Kontrol. Jurnal Ilmiah ELITE Elektro (Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya), 67-72.
[9] Sujanarko, B. (2013). Desain Kontrol PWM Pengatur Kecepatan Motor BLDC Untuk Mobil Listrik. Semantik 2013, 3(1), 42-48.