PERANCANGAN SISTEM KEMUDI MANUAL PADA MOBIL LISTRIK

Authors

  • Kurnia Dwi Artika Politeknik Negeri Tanah Laut
  • Rusuminto Syahyuniar POLITEKNIK NEGERI TANAH LAUT
  • Nanda Priono POLITEKNIK NEGERI TANAH LAUT

DOI:

https://doi.org/10.34128/je.v4i1.1

Keywords:

Sistem kemudi, sudut chamber, chaster, momen putar.

Abstract

Sistem kemudi manual pada mobil listrik adalah komponen yang berfungsi menggerakan roda untuk berbelok ke kiri dan ke kanan. Sistem penggerak pada mobil listrik ini menggunakan steering manual dengan model screwnut. Penggunaan steering manual dengan menggunakan model screwnut ini bertujuan memudahkan pengemudi untuk memutar setir kemudi karna lebih ringan. Penelitian ini diawali dengan merancang bangun rangka untuk diaplikasikan pada mobil listrik dengan penyetelan geometri roda pada sudut camber positif, caster positif dan toe-in. Pada perancangan ini semua komponen steeringdipasang padadudukan yang disesuaikan pada mobil listrik. Ada beberapa komponen steering yang diubah dan dimodifikasi dan ada juga yang tidak terpakai seperti relayrod antara universaljoint dengan penggerak screwnut. Selanjutnya dilakukan pengambilan data sebanyak 3 kali untuk mengetahui sudut belok kekanan dan kekiri antara roda kiri dan roda kanan. Pada pengambilan data dari sudut belok roda diketahuiselisih antara sudut roda yaitu berkisar 1o – 5o. Meskipun ada selisih dalam sudut belok ini masih aman dipakai karena tidak ada kerusakan yang fatal dan membahayakan saat mengendarainya. Selisih antara sudut belok roda terjadi karena getaran antara roda dengan permukaan jalan yang tidak rata dan berbatu. Perhitungan diambil dari  beban mobil dengan beban penumpang yang selanjutnya dimasukan ke dalam rumus momen putar pada steering. Hasil perhitungan momen putar steering dengan beban maksimum 4 orang adalah 11,05 N/M.

Published

2017-07-20

How to Cite

Artika, K. D., Syahyuniar, R., & Priono, N. (2017). PERANCANGAN SISTEM KEMUDI MANUAL PADA MOBIL LISTRIK. ELEMEN : JURNAL TEKNIK MESIN, 4(1), 01–06. https://doi.org/10.34128/je.v4i1.1

Issue

Section

Author guidelines

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>