PENGEMBANGAN SISTEM AKUISISI DATA UNTUK EVALUASI TINGKAT KESEHATAN MESIN DIESEL BERBASIS PADA ANALISA AKUSTIK
DOI:
https://doi.org/10.34128/je.v2i1.17Keywords:
emisi akustik, analisis frekuensi, mesin diesel, transformasi fourier, r×analisis frekuensiAbstract
Perawatan dan perbaikan dari sebuah mesin sangat erat hubungannya terhadap kinerja proses pembakaran. Proses pembakaran pada mesin memiliki implikasi timbulnya efek vibrasi yang memunculkan fenomena akustik. Dari penelitian ini, diperoleh alat akusisi data perekaman emisi akustik yang ditimbulkan oleh mesin diesel. Proses perubahan data time-series emisi akustik menjadi domain frekuensi menggunakan transformasi fourier (TF), dengan algoritma fast fourier transform (FFT). Dari hasil identifikasi, diperoleh nilai MPF untuk kondisi normal adalah 27.78 Hz dengan standar deviasi 0.19 Hz, pada kerusakan 1 sebesar 22.52 standar deviasi sebesar 0.27 Hz, kerusakan 2 sebesar 26.35 Hz standar deviasi sebesar 0.29, sedangkan pada kerusakan 3 nilai MPV adalah 30.04 dengan standar deviasi sebesar 0.95. Pada penelitian lanjutan dapat dilakukan analisis pada domain frekuensi dan domain waktu secara bersamaan. Sehingga setiap frekuensi dapat dihitung waktu kemunculannya dan akan memperoleh pola frekuensi dan waktu setiap kondisinya. Hal ini akan meningkatkan ekstraksi informasi yang terkandung didalam emisi akustik mesin diesel.
References
[2] Sukoco, Arifin. Zainal, 2013, “Teknologi Motor Dieselâ€, Alfabeta.
[3] Daryanto, 1984 ,“Perencanaan Motor Diesel dan Bensin 4 Langkahâ€, Tarsito.
[4] Albarbar. A,Gub. F, Ball. A.D, Starr. A, 2010, “Acoustic monitoring of engine fuel injection based on adaptive filtering techniquesâ€, Applied Acoustics.
[5] Tim Hyundai, 2009 ,“Prinsip dasar engineâ€, Pusat pelatihan Hyundai.
[6] D. Zhen, T. Wang, F. Gu, and A. D. Ball, 2013, “Fault diagnosis of motor drives using stator current signal analysis based on dynamic time warping,†Mech. Syst. Signal Process., vol. 34, no. 1–2, pp. 191–202.
[7] J. Jiang, F. Gu, R. Gennish, D. J. Moore, G. Harris, and A. D. Ball, 2008 , “Monitoring of diesel engine combustions based on the acoustic source characterisation of the exhaust system,†Mech. Syst. Signal Process., vol. 22, no. 6, pp. 1465–1480.