UJI EMISI GAS BUANG DENGAN PERBANDINGAN JENIS BUSI PADA SEPEDA MOTOR 108 CC

  • Adhiela Noer Syaief Politeknik Negeri Tanah Laut
  • Marlia Adriana politeknik negeri tanah laut
  • Akhmad Hidayat politeknik negeri tanah laut

Abstract

ABSTRAK


Tingkat pertumbuhan kendaraan bermotor yang tinggi yang mana menimbulkan dampak lingkungan yang sangat serius. Kontribusi emisi gas buang kendaraan bermotor sebagai sumber polusi udara terbesar 60-70%, dibandingkan dengan industri yang hanya berkisar antara 10-15% sedangkan sisanya berasal dari rumah tangga, pembakaran sampah, kebakaran hutan, dan lain lain. Hal ini dapat dilihat dari besarnya tingkat pertumbuhan kendaraan bermotor yang menembus angka 15% pertahun (BPS,2011) atau 7,9 juta kendaraan pertahun. Pertumbuhan kendaraan bermotor yang tinggi tidak hanya didukung oleh jumlah penduduknya Indonesia yang besar (240 juta). Salah satu penyebab tingkat polusi yang di sebabkan oleh kendaraan adalah proses pembakaran yang terjadi didalamnya. Yang mana dalam hal ini melibatkan 3 komponen penting, yaitu bahan bakar, sumber pembakaran atau busi dan udara. Oleh karena itu dalam penelitian berikut ini akan dilakukan sebuah pengujian kendaraan dengan cara melakukan variasi penggunaan busi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kadar emisi gas buang kendaraan bermotor dengan menggunakan berbagai jenis busi dan untuk mengetahui pola emisi gas buang kendaraan bermotor bermesin bensin yang didasarkan pada bahan bakar dan jenis busi yang digunakan. Berdasarkan hasil pengujian yang telah dilakukan didapatkan hasil pengujian emisi gas buang dari jenis busi iridium HC 46 ppm, CO 0,63%vol dan jenis busi standar (non iridium) HC 625 ppm, CO 0,93%vol.


 


Kata Kunci : Polusi, Emisi Gas Buang, Busi

Author Biography

Adhiela Noer Syaief, Politeknik Negeri Tanah Laut
Jurusan Mesin Otomotif, Politeknik Negeri Tanah Laut

References

Baihaqi, 2004. Kadar pecemaran karbon monoksida dari emisi gas buang sepeda motor 2 rak dan 4 tak. Jurnal teknik
Dimas, T S., 2015. Perbandingan Emisi Gas Buang Anara Motor Bakar Empat Langkah Berbahan Bakar Premium,Pertalit Dan LPG. Jurnal Teknik.
Raharjo, W D., 2008. Mesin Konversi Energy Dan Motor Bensin. Jurnal Teknik
Suratmi Magareta, 2010. Analisa Karbon Monoksida CO Dalam Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor. Jurnal Teknik
Syahrani, 2006. Analisa Kinerja Mesin Bensin. Jurnal Teknik.
Winarno joko, 2009. Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor Dan Dampaknya Terhadap Lingkungan. Jurnal Teknik
Published
2019-06-30
How to Cite
SYAIEF, Adhiela Noer; ADRIANA, Marlia; HIDAYAT, Akhmad. UJI EMISI GAS BUANG DENGAN PERBANDINGAN JENIS BUSI PADA SEPEDA MOTOR 108 CC. Elemen : Jurnal Teknik Mesin, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 01-06, june 2019. ISSN 2581-2661. Available at: <http://je.politala.ac.id/index.php/JE/article/view/82>. Date accessed: 24 oct. 2019. doi: https://doi.org/10.34128/je.v6i1.82.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.