KINERJA POMPA AIR MINIMALIS DENGAN MEMANFAATKAN PUTARAN MESIN SEPEDA MOTOR SEBAGAI TENAGA PENGGERAK

  • Adhiela Noer Syaief Politeknik Negeri Tanah Laut
  • Yuli Fitriyani Politeknik Negeri Tanah Laut
  • Muhammad Taufany Politeknik Negeri Tanah Laut

Abstract

Kebakaran merupakan bencana yang dapat terjadi kapan saja dan menimbulkan kerugian yang sangat tinggi. Karena pada saat kondisi terjadi kebakaran dihutan dan padat penduduk sulit untuk dijangkau dengan menggunakan mobil pemadam, sehingga dengan adanya kendala-kendala dan tingkat resiko yang tinggi dalam penanganan kebakaran, maka diperlukan suatu pengembangan teknologi yang dapat membantu pemadam kebakaran dalam memadamkan api, Salah satunya dengan menggunakan sepeda motor yaitu dengan memanfaatkan pompa air menggunakan putaran mesin. Kerja mesin pompa air minimalis ini berpengaruh pada kecepatan putaran mesin kendaraan dan sumber air yang digunakan, misalkan kecepatan mesin kendaraan yang berada pada 30 RPM akan menghasilkan ± 2.6 liter jumlah debit air yang menggunakan sumber air berlimpah akan berbeda dengan kecepatan mesin kendaraan yang kecapatan putaran mesin kendaraan yang berada pada 50 RPM akan menghasilkan jumlah debit air ±2.3 liter dengan sumber air yang terbatas (dalam sebuah wadah penampung). Kinerja mesin pompa air dengan perhitungan jumlah bahan bakar yang digunakan dan seberapa lama waktu yang diperlukan, misalkan seperti pada percobaan ketiga yaitu dengan jumlah bahan bakar bensin yang digunakan 220 ml akan menghasilkan jumlah debit air ± 150 l dengan waktu yang ditempuh ± 20 menit.

References

[1] W. Yudiantyo, “Perancangan Fasilitas Perlengkapan Khusus Sepeda Motor Pemadam Kebakaran,” Teknik Industri, 2016.
[2] M. K. U. &. S. A. Romadhon, “Analisis Konsumsi Bahan Bakar Sepeda Motor Yang Digunakan Sebgai Tenaga Putar Pompa,” Jurnal Mesin Teknologi , 2017.
[3] Y. Aditya, Rancang bangun alat penuang saos otomatis berbasis Mikrokontroler ATMEGA8535, Surabaya, 2016.
[4] A. J. Sedriks, "Corrosion of stainless steel, 2.", Chicago, 1996.
[5] Z. D. Subekti, RANCANG BANGUN KLEM PENJEPIT BENDA SILINDER DI UJI TARIK., Surabaya, 2006.
[6] L. D. Andhella, KLEM PENJEPIT DAN PENCABUT SUSUK KB/IMPLANT, Jl. Rangamalela No. 22 Bandung- Indonesia, 2006.
[7] P. R. Fuji, "SISTEM PERAWATAN POMPA PENDINGIN AIR LAUT UNTUK MENGOPTIMALKAN KINERJA MESIN UTAMA PT. JANATA MARINA INDAH SEMARANG., Semarang, 2019.
[8] P. A. A. &. S. F. Y. Subekti, PERENCANAAN INSTALASI PENGOLAHAN AIR BERSIH DENGAN SARINGAN PASIR LAMBAT “UP FLOW” DI KAMPUS UNIVERSITAS PASIR PENGARAIAN KABUPATEN ROKAN HULUPROPINSI RIAU., Riau, 2004.
Published
2020-12-28
How to Cite
SYAIEF, Adhiela Noer; FITRIYANI, Yuli; TAUFANY, Muhammad. KINERJA POMPA AIR MINIMALIS DENGAN MEMANFAATKAN PUTARAN MESIN SEPEDA MOTOR SEBAGAI TENAGA PENGGERAK. ELEMEN : JURNAL TEKNIK MESIN, [S.l.], v. 7, n. 2, p. 172-179, dec. 2020. ISSN 2581-2661. Available at: <https://je.politala.ac.id/index.php/JE/article/view/138>. Date accessed: 07 may 2021. doi: https://doi.org/10.34128/je.v7i2.138.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.