PENGARUH EXHAUST MANIFOLD TERHADAP KONSUMSI BAHAN BAKAR PADA SUZUKI SMASH TAHUN 2007

Authors

  • Adhiela Noer Syaief Jurusan Mesin Otomotif Politeknik Negeri Tanah Laut
  • Tinton Norsujianto Jurusan Mesin Otomotif Politeknik Negeri Tanah Laut
  • Rifky Ridhani Maulana Jurusan Mesin Otomotif Politeknik Negeri Tanah Laut
  • Saripatul Maknunah Jurusan Mesin Otomotif Politeknik Negeri Tanah Laut

DOI:

https://doi.org/10.34128/je.v1i1.24

Keywords:

Knalpot, Konsumsi Bahan Bakar, Modifikasi

Abstract

Perkembangan dunia otomotif saat ini telah mengalami perkembangan yang sangat pesat , dimana produk, desain atau ide-ide baru selalu muncul sebagai kecintaan para bikers (pecinta kendaraan bermotor). Hal baru selalu dicari dan dikembangkan baik dengan modifikasi barang yang sudah ada ataupun inovasi baru. Knalpot alias pipa gas buang itu bukan semata berfungsi sebagai penyalur sisa pembakaran, knalpot masih satu kesatuan dari proses langkah buang. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetathui berapa banyak perbedaan konsumsi bahan bakar pada setiap variasi knalpot. Konsumsi bahan bakar yang terbaik dari berbagai variasi knalpot adalah knalpot  standar smash.

Author Biographies

Adhiela Noer Syaief, Jurusan Mesin Otomotif Politeknik Negeri Tanah Laut

Jurusan Mesin Otomotif Politeknik Negeri Tanah Laut

Tinton Norsujianto, Jurusan Mesin Otomotif Politeknik Negeri Tanah Laut

Jurusan Mesin Otomotif Politeknik Negeri Tanah Laut

Rifky Ridhani Maulana, Jurusan Mesin Otomotif Politeknik Negeri Tanah Laut

Jurusan Mesin Otomotif Politeknik Negeri Tanah Laut

Saripatul Maknunah, Jurusan Mesin Otomotif Politeknik Negeri Tanah Laut

Jurusan Mesin Otomotif Politeknik Negeri Tanah Laut

Published

2015-03-22

How to Cite

Syaief, A. N., Norsujianto, T., Maulana, R. R., & Maknunah, S. (2015). PENGARUH EXHAUST MANIFOLD TERHADAP KONSUMSI BAHAN BAKAR PADA SUZUKI SMASH TAHUN 2007. ELEMEN : JURNAL TEKNIK MESIN, 1(1), 18–21. https://doi.org/10.34128/je.v1i1.24

Issue

Section

Author guidelines

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >> 

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.