PENGARUH PANJANG PIPA KATALIS PADA HCS (HYDROCARBON CRACKING SYSTEM) TERHADAP PERFORMA MOTOR BAKAR 4-LANGKAH

Authors

  • Danang Yudistiro Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Jember
  • Nasrul Ilminnafik Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Jember
  • Masruri Wardhana Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Jember

DOI:

https://doi.org/10.34128/je.v4i2.51

Abstract

HCS (Hydrocarbon Cracking System) merupakan suatu inovasi untuk meningkatkan torsi dan
daya bakar. dengan pipa katalis tembaga yang digunakan sebagai alat untuk mempercepat
proses cracking bahan bakar yang masuk pada ruang bakar. Penelitian ini bertujuan u ntuk
memperoleh data perbandingan unjuk kerja motor bakar 4 langkah dengan variasi panjang
pipa katalis dengan kondisi standarts sebagai pembanding.dalam penelitian dilakukan dengan
pengujian yaitu torsi. Dari hasil penelitian yang dilakukan Daya maksimal motor terjadi pada
kondisi tanpa katalis dengan nilai 11.9 Hp pada putaran mesin 9552 rpm, sedangkan dengan
penambahan daya mengalami penurunan karena bahan bakar yang masuk pada ruang bahan
tidak sepenuhnya berbentuk cair sehingga penurunan efisiensi vo lumetrik juga disebabkan
karena volume bahan bakar yang dibutuhkan lebih besar dalam campuran asupan. Nilai torsi
mengalami peningkatan dengan penggunaan pipa katalis, torsi teringgi terjadi pada kondisi
pipa katalis dengan panjang 200 mm dengan torsi sebesar 9,32 Nm pada RPM 3040. Untuk
katalis dengan panjang 150 mm dan 100 mm nilai torsi yang didapat adalah 9,23 Nm dan 9,16
Nm, sedangakan pada kondisi standart torsi hanya 9,13 Nm. Proses cracking akan terjadi
pemecahan molekul - molekul senyawa hidrokarbon yang besar menjadi molekul - molekul
senyawa yang lebih kecil, sehingga adanya proses craking tersebut membuat campuran bahan
bakar dan udara menjadi lebih ideal dan mudah terbakar pada ruang bakar. Dengan komposisi
bahan bakar yang ideal akan meningkatkan pembakaran dan nilai torsi maksimum

Author Biographies

Danang Yudistiro, Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Jember

Staf Pengajar Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Jember 

Nasrul Ilminnafik, Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Jember

Staf Pengajar Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Jember 

Masruri Wardhana, Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Jember

Mahasiswa Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Jember

References

[1] Gunawan, H., R. Fernando., dan G. Nyoman. 2013. Analisis Konsumsi Bahan Bakar Motor Bensin Yang Terpasang Pada Sepeda Motor Suzuki Smash 110cc
Yang Digunakan Pada Jalan Menanjak. Jurusan Teknik Mesin, Universitas Sam Ratulangi
[2] Negara, S., I. W. S. Budiarsa., dan I. W. Suarna. 2009. Pengaruh Nilai Oktan Bahan Bakar Dan Putaran Mesin Pada Kendaraan Bermotor Terhadap
Karakteristik Emisi Gas Buang. Jurnal Ecotrophic. 4(2):106-111.
[3] Arismunandar, Wiranto. 2002. Penggerak Mula Motor Bakar Torak. Edisi Kelima. Bandung: ITB
[4] Sukarmin. 2004. Hidrokarbon dan Minyak Bumi., Departemen Pendidikan Nasional Indonsia. Kim. 13
[5] Supraptono, 2004., Bahan Bakar dan Pelumas., Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang.
[6] Rahardjo Tirtoatmodjo. 2009. Pemanfaatan Energi Gas Buang Motor Diesel Stasioner untuk Pemanas Air., Jurnal Teknik Mesin Vol. 1, No. 1 : 24 – 29.
Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Kristen

Downloads

Published

2018-08-23

How to Cite

Yudistiro, D., Ilminnafik, N., & Wardhana, M. (2018). PENGARUH PANJANG PIPA KATALIS PADA HCS (HYDROCARBON CRACKING SYSTEM) TERHADAP PERFORMA MOTOR BAKAR 4-LANGKAH. ELEMEN : JURNAL TEKNIK MESIN, 4(2), 76–78. https://doi.org/10.34128/je.v4i2.51

Issue

Section

Articles