PENGARUH PENGGUNAAN BAHAN BAKAR PREMIUM DAN PERTALITE TERHADAP EMISI GAS BUANG SEPEDA MOTOR EMPAT TAK SATU SILINDER 108 CC
DOI:
https://doi.org/10.34128/je.v4i2.48Keywords:
Emisi Gas Buang, Premium, Pertalite, Automotive Gas AnalyzerAbstract
Kontribusi emisi gas buang sepeda motor sebagai sumber polusi udara sebesar 60–70%, sangat memberi
pengaruh terhadap kehidupan. Seiring dengan meningkatnya volume kendaraan sepeda motor yang
menambah parah permasalahan polusi dan kemacetan baik di desa maupun di ibukota. Salah satu langkah
alternative untuk mengatasi permasalahan tingkat polusi udara yaitu dengan menggunakan bahan bakar
yang lebih ramah lingkungan. Meski dari segi harga relatif lebih mahal, namun dapat mengurangi dampak
pencemaran lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa pengaruh
penggunaan bahan bakar premium dan pertalite terhadap karakteristik dari emisi gas buang yang
terkandung (HC, CO, CO2 , λ) dengan menggunakan sepeda Motor Honda Beat 108 cc pada tiga variasi
tahun pembuatan yaitu tahun 2010, 2011, dan 2012. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan
kualitas emisi gas buang pertalite sebesar 18 % lebih baik dari pada penggunaan bahan bakar premium,
dan hasil ini masih berada di bawah nilai ambang batas emisi gas buang kendaraan berdasarkan
keputusan Menteri Lingkungan Hidup Nomor 05 Tahun 2006.
References
[2] Raharjo W, D, dan Karnowo. 2008. Mesin Konversi Energi. Semarang: Uni Press.
[3] Prihandana R, K. Noerwijayanti, P.G Adinurani, D. Setyaningsih, S.Setiadi dan R. Handoko. 2008. Bioethanol Ubi Kayu Bahan Bakar Masa Depan. Jakarta: Agromedia.
[4] Fauji, M. 2015. Pengaruh Bioetanol Terhadap danEmisi Gas Buang Pada Sepeda Motor Empat Tak Satu Silinder Berbahan Bakar Premium.
[5] Hardjono, A. 2001. Teknologi Minyak Bumi. Yogyakarta : Gadjah Mada.
[6] Kusminingrum, Nanny, dan G. Gunawan. 2008. Polusi Udara Akibat Aktivitas Kendaraan Bermotor di Jalan Perkotaan Pulau Jawad an Bali.
[7] Lingkungan Hidup. 2006. Ambang Batas emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor Lama. Permen LH No. 05.
[8] Yahya, Wachid. 2015. Variasi Penggunaan Ionizer Dan Jenis Bahan Bakar Terhadap Kandungan Gas Buang Kendaraan. Jurnal AUTINDO Politeknik
Indonusa Surakarta Vol. 1 No.2.