PENGARUH VARIASI WAKTU GESEK FRICTION WELDING PADA BAJA AISI 1045 DENGAN SUDUT CHAMFER 15o TERHADAP SIFAT MEKANIKNYA

Authors

  • Rahma Rei Sakura Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Jember
  • Salahuddin Junus Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Jember
  • Gaguk Jatisukamto Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Jember
  • Riko Septian Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Jember

DOI:

https://doi.org/10.34128/je.v4i2.60

Keywords:

friction welding, variasi waktu gesek, baja AISI 1045, sifat mekanik

Abstract

Komponen mesin dapat diproduksi dengan variasi metode manufaktur seperti, penempaan,
permesinan, pengecoran, atau metode pengelasan. Pemilihan metode manufaktur berdasarkan
biaya produksi untuk setiap bagian pada komponen tertentu. Friction welding sebagai proses
produksi masal merupakan metode manufaktur yang diminati untuk penggabungan dua material.
Proses friction welding pada baja AISI 1045 dilakukan dengan menggesekkan kedua permukaan
baja. Variasi waktu gesek yang digunakan yaitu 25, 35, 45, dan 55 detik kemudian dilakukan
pengujian tarik, kekerasan, dan metalografi. Kekuatan tarik tertinggi yaitu 703,84 N/mm2 pada
waktu gesek 45 detik. Kekerasan yang terbaik didapat pada waktu gesek 55 detik dengan nilai
kekerasan 270 BHN. Struktur kristal dengan butiran halus akan menghambat dislokasi, sehingga
mendapatkan sifat mekanik baja yang baik.

References

[1] V.I. Vill. 1962. Friction Welding of Metals. AWS.
New York.
[2] R.Y. Tylecote. 1968. The Solid Phase Welding of
Metals. Edward Arnold Ltd. London. pp. 1–50.
[3] Lancaster, J., 1987. Metallurgy of Welding. Allen and
Unwin. London.
[4] Shinoda, T., Endo, S., Tanada, K., 1996. Friction
welding of cast iron and stainless steels. Welding
Internship 10 (12), 929–936.
[5] Shinoda, T., Endo, S., Kato, Y., 1999. Friction
welding of cast iron and stainless steels. Welding
Internship 13 (2), 89–95.
[6] Ma, Hong, et al. 2015. Microstructure
characterization and properties of carbon steel to
stainless steel dissimilar metals joint made by
friction welding. 10.1016/j.matdes.2015.07.068
[7] Irawan, Wirohardjo, Ma’arif, Setiawan. 2010.
Penggunaan Sudut Chamfer untuk Peningkatan
Kekuatan Tarik Sambungan Las Gesek Linier
Aluminium Paduan A6061, Prosiding SNPs X.
[8] Jenney, Cynthia L., O’Brien, Annette. 2001. Welding
Hand book Ninth Edition Volume 1 Welding Science
and Technology. United States of America :
American Welding Society.
[9] Lin, C. B., et. al. 1999. The Effect of Joint Design
and Volume Fraction on Friction. Welding
Properties of A360/SiC Composites. Welding
Journal 78(3). 100-108.
[10] Tiwan dan Aan, Ardian. 2005. Penyambungan Baja
AISI 1040 Batang Silinder Pejal Dengan Friction
Welding. Yogyakarta : Jurusan Teknik Mesin
Fakultas Teknik Universitas Yogyakarta.
[11] Kuswandi, Ari. Skripsi. 2010. Pengaruh Friction
Time Terhadap Kekuatan Impak Sambungan Las
Gesek Pada Paduan Al-Mg-Si. Malang : Jurusan
Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas
Brawijaya.

Downloads

Published

2018-08-23

How to Cite

Sakura, R. R., Junus, S., Jatisukamto, G., & Septian, R. (2018). PENGARUH VARIASI WAKTU GESEK FRICTION WELDING PADA BAJA AISI 1045 DENGAN SUDUT CHAMFER 15o TERHADAP SIFAT MEKANIKNYA. ELEMEN : JURNAL TEKNIK MESIN, 4(2), 113–116. https://doi.org/10.34128/je.v4i2.60

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)