ANALISIS PENGARUH VANE TERHADAP KARAKTERISTIK DISTRIBUSI TEKANAN AIRFOIL DOUBLE-SLOTTED FLAP PESAWAT N2XX
DOI:
https://doi.org/10.34128/je.v4i2.56Keywords:
Cp, vane, double slotted flap, airfoil, CFDAbstract
Kestabilan pesawat terbang ditentukan oleh disain airfoil sayap dan ekor. Perbedaan aliran udara
antara permukaan atas dan bawah airfoil menghasilkan perbedaan tekanan sehingga menyebabkan
gaya angkat (lift) pada sayap. Perbedaan tekanan udara pada permukaan sayap dinyatakan dengan
pressure coefficient (cp), yaitu perbedaan tekanan statik lokal dengan tekanan statik aliran bebas.
Koefisien lift (Cl) adalah rasio antara gaya angkat (lift) dengan tekanan dinamis. Peningkatan
angka Cl sebesar 20,4% pada riset sebelumnya diperoleh berdasarkan simulasi penambahan flap.
Penelitian ini bertujuan menganalis flap dengan menambahkan vane (double slotted flap).
Metodologi penelitian dilakukan dengan simulasi Computational Fluid Dynamic (CFD). Hasil
penelitian dapat disimpulkan bahwa perubahan koefisien lift dari kedua airfoil tidak terlalu
signifikan, dimana perubahan pada bagian bawah trailing edge relatif kecil. Penambahan vane
akan menambah tekanan positif pada bagian bawah airfoil sehingga menambah gaya angkat (lift).
References
2017, Tentang Kebijakan Kelautan Indonesia
[2] Buku Informasi Statistik Pekerjaan Umum, 2013, Pusat
Pengelolaan Data (PUSDATA), Kementerian
Pekerjaan Umum
[3] Yuda Benharry Tangkilisan, 2011, Kebijakan
Penerbangan Perintis di Indonesia : Latar Belakang,
Tantangan, dan Kontribusi, Paradigma, Jurnal Kajian
Budaya, Naskah Hasil Penelitian Hibah Strategis
Nasional DRPM UI 2010 untuk Penerbitan Paradigma
FIB UI
[4] Hadi, Syamsul dan Danardono. 2009. Pengaruh
Penambahan Winggrid terhadap Karakteristik
Distribusi Tekanan. Jurnal Mekanika.7(2);15-25
[5] Gunadi, R. 2010. Simulasi Aliran Lewat Airfoil dengan
Slotted Flap menggunakan Metode Vorteks. Jurnal
Politeknologi.9(3): 35-44
[6] Gede, S. I. dkk.. 2014. Pengaruh Fixed Leading Edge
Slot terhadap Karakteristik Airfoil Simetris dengan
variasi Sudut Serang. Jurnal Ilmiah Teknik Desain
Mekanika.3(6): 61-69
[7] Prisacaru, V., Luchian, A., 2014, “The Aerodynamic
Analysis of High Lift Devicesâ€, International
Converence of Scientific Paper Afases, Brasov