PENGAPLIKASIAN PANEL SURYA PADA MOBIL LISTRIK

  • Rusuminto Syahyuniar Politeknik Negeri Tanah Laut

Abstract

Perubahan sumber energi matahari dengan memanfaatkan panel surya menjadi sumber energi listrik yang terbarukan merupakan upaya untuk mengurangi konsumsi bahan bakar fosil, panel surya memiliki kelebihan yaitu mampu mengurangi polusi dan hemat energi jika diaplikasikan pada mobil listrik. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan hasil pengukuran arus dan tegangan dari panel surya serta baterai sebagai sumber listrik untuk pengisian tenaga pada panel surya. Sistem panel surya mencakup 4 panel surya 50 Wp, 1 battray charge unit, 4 baterai 35 Ah, dan 1 motor listrik yang terpasang dalam mobil listrik. Dari penelitian yang dilakukan perancangan panel surya pada mobil listrik dengan kemiringan 45   agar nantinya panel surya mendapat cahaya matahari yang lebih besar. Maka dapat diperoleh hasil yaitu pengukuran dari pukul 07:00 – 17:00 dan nilai output panel surya ± 60.00 Volt dan Arus ± 23.00 A (fluktuasi nilai tegangan dan arus akan berubah berdasarkan waktu, cuaca dan lingkungan sekitar) sehingga daya yang dihasilkan pada  ± 10720,1 Watt, lama waktu pemakaian beban dari motor litrik daya yang dihasilakan dibagi dengan beban mobil listrik 10720,1 watt / 1680 watt maka akan mendapat 6,4 jam pemakaian mobil listrik.
Published
2016-12-17
How to Cite
SYAHYUNIAR, Rusuminto. PENGAPLIKASIAN PANEL SURYA PADA MOBIL LISTRIK. Elemen : Jurnal Teknik Mesin, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 10-17, dec. 2016. ISSN 2581-2661. Available at: <http://je.politala.ac.id/index.php/JE/article/view/10>. Date accessed: 23 sep. 2019.
Section
Articles

Keywords

baterai; suhu; arus dan tegangan; pengisian baterai; panel surya.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.