KALIBRASI POMPA INJEKSI TIPE DISTRIBUTOR DALAM PERSAMAAN ALIRAN BAHAN BAKAR TERHADAP KONSUMSI TIAP SILINDER ENGINE DIESEL

Authors

  • Rusuminto Syahyuniar Politeknik Negeri Tanah Laut

DOI:

https://doi.org/10.34128/je.v4i2.49

Keywords:

Motor Diesel, Pompa Injeksi, Kalibrasi

Abstract

Penggunaan motor diesel sekarang ini sudah sangat banyak, sedangkan motor diesel memerlukan
perawatan berkala khususnya pada pompa injeksi yang harus dikalibrasi setelah dilakukan
pembongkaran. Jika pompa injeksi tidak dikalibrasi maka akan berakibat pada performa mesin, dan hal
tersebut mengakibatkan pengguna mobil merasa tidak nyaman saat mengemudikan mobil karena
performa mobil tidak stabil, dan juga berakibat pada jumlah konsumsi bahan bakar. Untuk mengatasi hal
tersebut maka harus dilakukan proses kalibrasi pompa injeksi. Proses kalibrasi dilakukan dengan
memasang pompa injeksi pada alat kalibrasi dan menghubungkan pompa injeksi dengan motor
penggerak, kemudian menyalakan saklar AC dan DC untuk membuka solenoid agar bahan bakar bisa
mengalir, kemudian putar fuel load adjusting screw setiap 90° dengan kunci pas(open and spanner)14
mm dan obeng(screw driver) (-) denga Rpm motor penggerak 1100, kemudian lakukan uji coba sampai
volume bahan bakar yang keluar sesuai standar 13-13,5 ml. Hasil percobaan sebelum dikalibrasi
menunjukan voleme bahan bakar sebanyak 16ml, hasil tersebut menunjukan volume bahan bakar
melebihi standar(13-13.5 ml). Setelah pompa injeksi dikalibrasi maka hasil uji coba menunjukan volume,
13ml. Hasil tersebut menunjukan bahwa volume bahan bakar sudah sesuai standar.

Author Biography

Rusuminto Syahyuniar, Politeknik Negeri Tanah Laut

Politeknik Negeri Tanah Laut

References

[1] Drs. Buntarto, M.pd., 2016, Pintar Servis Mesin Diesel.
[2] Arismunandar, Wiranto, 2008, Motor Diesel Putaran Tinggi, PT. Pradnyaparamita , Jakarta.
[3] Drs. Daryanto, Drs. Ismanto Setyabudi, M.pd, 2014, Teknik Motor Diesel.
[4] Sukoco, M,pd. Zainal Arifin, M.T, 2013, Teknologi Motor Diesel.
[5] Bosch, 1996, Governor for Diesel In-line Fuel-Injection Pump, Technical Intruction, BOSCH, 3rd Edition, Robert Bosch GmBH, Germany,
[6] Bosch, 1999, Diesel Fuel-Injection: An overview, Technical Instruction, BOSCH, 3rd Edition, Robert Bosch GmBH, Germany,
[7] DaimlerChrysler. 2000. Sistem Injeksi Bahan Bakar Diesel, Edisi 1. Jakarta Indonesia: Central Training Departement PT Daimler Chrysler Distribution Indonesia.
[8] Swisscontact. 2000. Motor Diesel Materi Training. Jakarta Indonesia: Jakarta Clean Air Project, Swisscontact, Jakarta, Indonesia.
[9] Toyota. 1980. Toyota Diesel Engine, Service Training Information. Japan: Toyota Motor Sales CO.LTD, Japan
[10] Trommelmans, J, 1986, Mesin Diesel, PT. Rosda Jaya Putra, Bandung.

Downloads

Published

2017-12-22

How to Cite

Syahyuniar, R. (2017). KALIBRASI POMPA INJEKSI TIPE DISTRIBUTOR DALAM PERSAMAAN ALIRAN BAHAN BAKAR TERHADAP KONSUMSI TIAP SILINDER ENGINE DIESEL. ELEMEN : JURNAL TEKNIK MESIN, 4(2), 61–69. https://doi.org/10.34128/je.v4i2.49

Issue

Section

Author guidelines

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >> 

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.