PERBANDINGAN JUMLAH PISTON CALIPER REM CAKRAM TERHADAP JARAK DAN WAKTU PENGEREMAN PADA SEPEDA MOTOR 110 CC

  • Imam Prasetyo Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan

Abstract

Pada setiap sepeda motor caliper rem cakramnya mempunyai piston yang jumlahnya berbeda. Sehingga tingkat kepakeman rem juga berbeda, sehingga perlu adanya penelitian untuk mencari sistem pengereman yang maksimal berdasarkan jumlah piston yang digunakan. Pengujian ini bertujuan untuk mengetahui jarak dan waktu pengeremannya dan caliper mana yang baik digunakan ataupun yang paling maksimal kinerjanya. Dalam pengujian ini menggunakan beberapa jenis caliper yaitu caliper 1 piston, 2 piston dan 4 piston juga memberikan tekanan yang berbeda pada tuas rem sebesar 2 Kg, 3 Kg dan 4 Kg. Pada pengujian ini menggunakan alat timbangan pegas digital guna untuk menentukan tekanan pada tuas rem dan juga menggunakan stopwatch untuk menentukan waktu pengereman yang dihitung dari titik awal pengereman sampai motor berhenti. Berdasarkan hasil pengujian didapat kinerja caliper dan paling maksimal  adalah caliper 2 piston karena memiliki rata-rata waktu dan jarak pengereman yang lebih rendah dari caliper 1 piston dan 4 piston. Dan yang kedua adalah caliper 4 piston karena memiliki jarak dan waktu yang cukup rendah dibandingkan dari caliper 1 piston. Dan yang terakhir adalah caliper 1 piston memiliki jarak dan waktu yang paling tinggi dibandingkan caliper 2 piston dan 4 piston.


Kata Kunci : Rem, Caliper, Jarak, Waktu

References

[1] J. Jama and Wagino, Teknologi Sepeda Motor Jilid 1. Jakarta, 2008.
[2] J. Halderman, Automotive Brake System. USA, 2004.
[3] D. Wahyu, Modul Memperbaiki Sistem Rem Untuk SMK. Jakarta: Erlangga, 2010.
[4] W. Triyono and D. Sumaryo, Modul Memperbaiki Sistem Rem. Jakarta: Erlangga, 2010.
[5] Daswarman, Sistem Kemudi, Rem dan Suspensi. Padang: Universitas Negeri Padang, 1999.
[6] Muklis, “Pengaruh Pengunaan Velg 17 Inchi Terhadap Jarak dan Waktu Pengereman Pada Sepeda Motor Honda Beat,” Automot. Eng. Educ. J., vol. 3, no. 2, 2013.
[7] R. Suwarli, “Perbandingan Penggunaan Single Piston Caliper dengan Double Piston Caliper Terhadap Jarak dan Waktu Pengereman pada Roda Depan Kendaraan Sepeda Motor Revo Fit,” Automot. Eng. Educ. J., vol. 1, no. 2, 2015.
[8] J. R. Putra, H. Maksum, and Daswarman, “Pengaruh Massa Piringan Rem Cakram Terhadap Jarak Pengereman Pada Sepeda Motor Honda Supra X 125,” Automot. Eng. Educ. J., vol. 2, no. 2, 2014.
[9] A. T. Hidayat, Daswarman, and D. Fernandez, “Pengaruh Penggunaan Rem Belakang Tipe Cakram Terhadap Jarak Pengereman pada Sepeda Motor Honda Vario Techno CBS,” Automot. Eng. Educ. J., vol. 1, no. 2, 2015.
Published
2020-12-27
How to Cite
PRASETYO, Imam. PERBANDINGAN JUMLAH PISTON CALIPER REM CAKRAM TERHADAP JARAK DAN WAKTU PENGEREMAN PADA SEPEDA MOTOR 110 CC. ELEMEN : JURNAL TEKNIK MESIN, [S.l.], v. 7, n. 2, p. 086-092, dec. 2020. ISSN 2581-2661. Available at: <https://je.politala.ac.id/index.php/JE/article/view/130>. Date accessed: 04 aug. 2021. doi: https://doi.org/10.34128/je.v7i2.130.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.