ANALISA GERAKAN KAPAL IKAN BERCADIK SEMI-CIRCULAR DI PERAIRAN PUGER JEMBER

  • Hery Indria Dwi Puspita Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Jember

Abstract

Kapal ikan di pelabuhan Puger terdiri dari beberapa jenis, salah satunya adalah kapal ikan bercadik.
Bentuk dan bahan dari kapal ikan bercadik di Puger hanya terbuat dari bambu, sehingga perlu
adanya pengembangan bentuk cadik bambu menjadi bentuk cadik semi-circular untuk menambah
kualitas hidrodinamika yang lebih baik. Bentuk pengembangan kapal ikan harus sesuai dengan
kondisi di Perairan Puger dan harus memenuhi kapasitas dari faktor keamaaan dan hidrodinamika
dari kapal ikan bercadik di Perairan Puger Jember. Oleh karena itu, diperlukan analisa gerak
(seakeeping) dari kapal ikan bercadik. Analisa gerak (seakeeping) kapal ikan bercadik tersebut u ntuk
mengetahui kemampuan kapal bertahan dalam kondisi berbahaya saat beroperasi. Kemudian, dari
analisa seakeeping dari kapal ikan bercadik semi-circular dapat diketahui peforma dari
pengembangan kapal ikan bercadik semi-circular dengan mengadaptasi ukuran utama dari kapal ikan
yang telah ada di Puger. Metode yang digunakan adalah dengan pengukuran langsung dimensi utama
dari bentuk body dari kapal ikan di perairan Puger Jember. Selanjutnya hasil pengukuran tersebut
digambar kembali dengan mengganti bentuk cadik menjadi bentuk cadik semi-circular, dan kemudian
dilakukan evaluasi seakeeping kapal ikan bercadik semi-circular. Berdasarkan hasil evaluasi
seakeeping kapal memiliki kriteria gerakan heave, pitch, dan roll yang lebih baik dan sesuai dengan
kondisi perairan di Puger.

References

[1] H. I. D. Puspita, “Studi Karakteristik
Hidrodinamika Kapal Ikan Tradisional di
Perairan Puger Jember,” M.T. Tesis, ITS,
Surabaya. Jul. 2016.
[2] I. B. P. Sukadana, “Studi Eksperimental Tahanan
Kapal Ikan Tradisional Jenis Payang di Jawa
Timur,” Seminar Nasional Pascasarjana IX-ITS,
ISBN No. 978-979-96565-5-1, 2009.
[3] F. M. Lewis, “The Inertia of Water Surrounding
a Vibrating Ship,” Transactions of SNAME, vol.
37, hal. 1-20, 1929.
[4] M. D. Haskind, “The Hydrodynamic Theory of a
Ship in Rolling and Pitching,” Technical
Reseacrch Bulletin, no. 1-12, hal. 3-43, 1946.
[5] B. V. Korvin-Kroukovsky, “Investigation of Ship
Motions in Regular Waves,” Transactions of
SNAME, vol. 63, hal. 386-435, 1955.
[6] B. V. K. Kroukovsky, and W.R. Jacobs,
“Pitching and Heaving Motions of a Ship in
Regular Waves,” Transactions of SNAME, vol.
63, hal. 590-632, 1957.
[7] E. B. Djatmiko, Perilaku dan Operabilitas
Bangunan Laut di Atas Gelombang Acak,
Surabaya: ITS Press, 2012.
[8] R. Bhattacarya, Dynamics of Marine Vehicles,
New York: John Wiley & Sons, 1978.
[9] S. K. Chakrabarti, Hydrodynamics of Offshore
Structures, Southampton: Computational
Mechanics Publications, 1987.
[10] O. M. Faltinsen, Hydrodynamics of High-Speed
Marine Vehicles, Cambridge: Cambridge
University Press, 2005.
[11] W. Froude, “On the Rolling of Ships,”
Transactions of INA, vol. 2, 1861.
[12] A. N. Krylov, “A New Theory of the Pitching
Motion of Ships on Waves and of the Stresses
Produced by This Motion,” Transactions of INA,
vol. 37, 1896.
[13] H. I. D. Puspita, dan I. K.A. P. Utama, “Studi
Karakteristik Hidrodinamika Kapal Ikan
Tradisional di Perairan Puger Jember,” Jurnal
Kelautan Nasional, vol. 12, no. 1, 2017.
Published
2017-12-29
How to Cite
PUSPITA, Hery Indria Dwi. ANALISA GERAKAN KAPAL IKAN BERCADIK SEMI-CIRCULAR DI PERAIRAN PUGER JEMBER. Elemen : Jurnal Teknik Mesin, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 96 - 101, dec. 2017. ISSN 2581-2661. Available at: <http://je.politala.ac.id/index.php/JE/article/view/57>. Date accessed: 23 sep. 2019. doi: https://doi.org/10.34128/je.v4i2.57.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.