RANCANG BANGUN PEMBUATAN TURBIN ANGIN TYPE HORIZONTAL BERDIAMETER 2,8 METER DAN OUTPUT DAYA LISTRIK 1000 WATT

  • Rusuminto Syahyuniar Politeknik Negeri Tanah Laut

Abstract

Semakin menipisnya sumber energi yang tidak dapat terbarukan (non-renewable), hal tersebut memerlukan suatu  jalan  alternatif  guna  mengganti  sumber  energi  tersebut  dengan  sumber  energi  yang terbarukan (renewable). Sumber energi tak terbarukan yang banyak digunakan saat ini adalah bahan bakar yang berasal dari fosil (minyak bumi, gas alam, dan batu bara). Oleh karena itu, sumber daya energy sangat dibutuhkan yakni turbin angin. Rumusan masalah dalam pembuatan turbin angin ini adalah seberapa besar putaran rotor yang dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan tenaga listrik serta daya torsi yang dapat dihasilkan sesuai dengan karakteristik angin yang ada di Kabupaten Tanah Laut. Rancang bangun turbin angin ini bertujuan untuk merancang sistem pembangkit energi angin sehingga bisa dimanfaatkan secara optimal. Salah satu upaya mengatasi  masalah  tersebut  adalah  dengan  menggunakan  energi  angin. Turbin  angin  adalah salah  satu  mesin  konversi  energi  yang  merubah  energi  kinetik  angin  menjadi  energi  mekanik pada porosnya. Turbin angin propeller memiliki kemampuan airfoil yang bagus sehingga hanya  membutuhkan  angin  dengan  kecepatan  rendah  untuk  dapat  memutar  rotor  dari  turbin. Metode  yang  digunakan  adalah  penelitian eksperimental  dengan  memvariasikan  jumlah blade 3 dengan  variabel  bebas kecepatan  angin rata-rata 3 m/s.

Published
2016-12-17
How to Cite
SYAHYUNIAR, Rusuminto. RANCANG BANGUN PEMBUATAN TURBIN ANGIN TYPE HORIZONTAL BERDIAMETER 2,8 METER DAN OUTPUT DAYA LISTRIK 1000 WATT. Elemen : Jurnal Teknik Mesin, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 30-33, dec. 2016. ISSN 2581-2661. Available at: <http://je.politala.ac.id/index.php/JE/article/view/13>. Date accessed: 23 sep. 2019.
Section
Articles

Keywords

Turbin angin; Jumlah Sudu; Kecepatan angin.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.