PENGUJIAN CAMPURAN BAHAN BAKAR PIROLISIS HDPE DAN PREMIUM TERHADAP KONSUMSI BAHAN BAKAR DAN SUHU MESIN SEPEDA MOTOR 110 CC

  • Ika Kusuma Nugraheni Politeknik Negeri Tanah Laut
  • Fikli Maulana

Abstract

Bertambahnya jumlah kendaraan bermotor diikuti semakin meningkatnya jumlah konsumsi bahan bakar. Ketersediaan bahan bakar minyak bumi semakin mengalami penurunan. Bahan bakar yang berasal dari minyak bumi tidak bisa diperbaharui. Untuk itu perlu adanya bahan bakar alternatif yaitu bahan bakar nabati atau biofuel. Penggunaan minyak pirolisis HDPE sebagai campuran premium pada mesin 4 langkah dengan tujuan untuk mengetahui konsumsi bahan bakar dan temperatur mesin. Plastik HDPE (High density polyethylene) adalah plastik yang terbuat dari minyak bumi, plastik ini membutuhkan 1,75 kg minyak bumi untuk memproduksi 1 kg plastik HDPE. Plastik HDPE ini memiliki sifat yang keras dan juga tahan terhadap suhu tinggi plastik ini juga tahan terhadap bahan kimia. Plastik HDPE menggunakan angka 2 sebagai simbol plastik tersebut dan juga plastik jenis ini dapat di daur ulang. Objek  penelitian yang digunakan untuk campuran minyak pirolisis HDPE dan premium adalah sepeda motor Yamaha JupiterZ 110cc. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh konsumsi bahan bakar dan suhu  mesin sepeda motor terhadap penggunaan bahan bakar campuran pirolisis HDPE dan premium. Dengan menggunakan waktu 1 menit, 2 menit dan 3 menit dengan  putaran  mesin 500 rpm, 1000 rpm, dan 1500 rpm dengan campuran bahan bakar yang digunakan adalah B0, B5, B10, B15, dan B20. Hasil dari pengujian menunjukan bahwa, campuran bahan bakar B5 lebih baik dari segi konsumsi bahan bakar dengan konsumsi bahan bakar sebanyak 0.24 Liter/Jam dan suhu mesin terendah 55 oC.

Author Biography

Ika Kusuma Nugraheni, Politeknik Negeri Tanah Laut

Jurusan Mesin Otomotif, Politeknik Negeri Tanah Laut

References

Adika, Abdul., 2012. Optimalisasi Prestasi Mesin Bensin Dengan Variasi Temperature Campuran Bahan Bakar Premium dan Etanol. Jurnal ROTOR., Volume 5 Nomor 2.

2. Arijanto dan S.Budi., 2007, Pengujian Campuran Terbaik Bahan Bakar Alkohol-Bensin Ditinjau Dari Aspek Kandungan Katerial Pelumas Pada Sepeda Motor 4 Langkah. Jurnal ROTASI ., Volume 9 Nomor 3.

3. Budi Yantoro., 2010. Berbagi Metode Konversi Sampah Plastik Menjadi Bahan Bakar Minyak. Jurnal Teknik Vol.13 Nomor 1.

4. Hambali, E., Fuady, A., Novy, I.W., 2007. Teknologi Bioenergi. Jakarta: Agro Media Pustaka.

5. Kumar, 2011. Penjelasan Plastik dan Campuran Pembuatan Menjadi Plastik. Jurnal Teknik. Volume 12 Nomor 4.

6. Pertiwi, R., 2015. Pengaruh Penggunaan Katalis Zeolit Alam Dalam Pirolisis Limbah Plastik Jenis Hdpe Menjadi Bahan Bakar Cair Setara Bensin.

7. Soedarto, 2006. Uji Sifat Minyak Pirolisis Dan Uji Performasi Kompor Berbahan Bakar Minyak Pirolisis Dari Sampah Plastik.

8. Zhang, Iman. M dan Untoro B.S., 2009. Studi Sifat Minyak Pirolisis Campuran Sampah Biomas dan Sampah Plastik Polypropylene (PP).
Published
2019-06-30
How to Cite
NUGRAHENI, Ika Kusuma; MAULANA, Fikli. PENGUJIAN CAMPURAN BAHAN BAKAR PIROLISIS HDPE DAN PREMIUM TERHADAP KONSUMSI BAHAN BAKAR DAN SUHU MESIN SEPEDA MOTOR 110 CC. Elemen : Jurnal Teknik Mesin, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 13-19, june 2019. ISSN 2581-2661. Available at: <http://je.politala.ac.id/index.php/JE/article/view/87>. Date accessed: 24 oct. 2019. doi: https://doi.org/10.34128/je.v6i1.87.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.