MODIFIKASI SOLAR MENJADI BAHAN BAKAR SETARA PERTAMINA DEX

Authors

  • Ika Kusuma Nugraheni Jurusan Mesin Otomotif Politeknik Negeri Tanah Laut

DOI:

https://doi.org/10.34128/je.v1i1.23

Keywords:

Solar, Pertamina DEX, distilasi

Abstract

Telah dilakukan penelitian mengenai modifikasi solar untuk dapat memiliki karakter menyerupai Pertamina DEX. Solar yang digunakan bersumber dari bahan bakar produk Pertamina yang dijual di pasaran. Uji karakter fisik menunjukkan kualitas Pertamina DEX lebih baik dibandingkan solar. Hasil analisis komponen bahan bakar menunjukkan bahwa kedua bahan bakar memiliki pola sebaran kromatogram yang serupa, hanya saja sebaran Pertamina DEX lebih sempit dibandingkan solar. Modifikasi dilakukan dengan menghilangkan fraksi ringan dan fraksi berat solar dengan cara distilasi. Hasil modifikasi dianalisis sebaran komponennya menggunakan kromatografi gas.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa  modifikasi solar menggunakan teknik distilasi menghasilkan 3 fraksi. Fraksi ini terpisahkan berdasarkan perbedaan titik didihnya. Hasil modifikasi menunjukkan bahwa fraksi 2 dan 3 memiliki sebaran komponen yang serupa dengan Pertamina Dex.

Author Biography

Ika Kusuma Nugraheni, Jurusan Mesin Otomotif Politeknik Negeri Tanah Laut

Jurusan Mesin Otomotif Politeknik Negeri Tanah Laut

Published

2015-03-22

How to Cite

Nugraheni, I. K. (2015). MODIFIKASI SOLAR MENJADI BAHAN BAKAR SETARA PERTAMINA DEX. ELEMEN : JURNAL TEKNIK MESIN, 1(1), 14–17. https://doi.org/10.34128/je.v1i1.23

Issue

Section

Articles