ANALISIS PENGARUH VANE TERHADAP KARAKTERISTIK DISTRIBUSI TEKANAN AIRFOIL DOUBLE-SLOTTED FLAP PESAWAT N2XX

  • Gaguk Jatisukamto Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Jember
  • Mirna Sari Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Jember
  • Gembong Djoni Putranto PT. Dirgantara Indonesia

Abstract

Kestabilan pesawat terbang ditentukan oleh disain airfoil sayap dan ekor. Perbedaan aliran udara
antara permukaan atas dan bawah airfoil menghasilkan perbedaan tekanan sehingga menyebabkan
gaya angkat (lift) pada sayap. Perbedaan tekanan udara pada permukaan sayap dinyatakan dengan
pressure coefficient (cp), yaitu perbedaan tekanan statik lokal dengan tekanan statik aliran bebas.
Koefisien lift (Cl) adalah rasio antara gaya angkat (lift) dengan tekanan dinamis. Peningkatan
angka Cl sebesar 20,4% pada riset sebelumnya diperoleh berdasarkan simulasi penambahan flap.
Penelitian ini bertujuan menganalis flap dengan menambahkan vane (double slotted flap).
Metodologi penelitian dilakukan dengan simulasi Computational Fluid Dynamic (CFD). Hasil
penelitian dapat disimpulkan bahwa perubahan koefisien lift dari kedua airfoil tidak terlalu
signifikan, dimana perubahan pada bagian bawah trailing edge relatif kecil. Penambahan vane
akan menambah tekanan positif pada bagian bawah airfoil sehingga menambah gaya angkat (lift).

Author Biography

Gembong Djoni Putranto, PT. Dirgantara Indonesia

Staf Pegawai PT. Dirgantara Indonesia

References

[1] Peraturan Presiden Republik Indonesia No. 16 Tahun
2017, Tentang Kebijakan Kelautan Indonesia
[2] Buku Informasi Statistik Pekerjaan Umum, 2013, Pusat
Pengelolaan Data (PUSDATA), Kementerian
Pekerjaan Umum
[3] Yuda Benharry Tangkilisan, 2011, Kebijakan
Penerbangan Perintis di Indonesia : Latar Belakang,
Tantangan, dan Kontribusi, Paradigma, Jurnal Kajian
Budaya, Naskah Hasil Penelitian Hibah Strategis
Nasional DRPM UI 2010 untuk Penerbitan Paradigma
FIB UI
[4] Hadi, Syamsul dan Danardono. 2009. Pengaruh
Penambahan Winggrid terhadap Karakteristik
Distribusi Tekanan. Jurnal Mekanika.7(2);15-25
[5] Gunadi, R. 2010. Simulasi Aliran Lewat Airfoil dengan
Slotted Flap menggunakan Metode Vorteks. Jurnal
Politeknologi.9(3): 35-44
[6] Gede, S. I. dkk.. 2014. Pengaruh Fixed Leading Edge
Slot terhadap Karakteristik Airfoil Simetris dengan
variasi Sudut Serang. Jurnal Ilmiah Teknik Desain
Mekanika.3(6): 61-69
[7] Prisacaru, V., Luchian, A., 2014, “The Aerodynamic
Analysis of High Lift Devices”, International
Converence of Scientific Paper Afases, Brasov
Published
2017-12-29
How to Cite
JATISUKAMTO, Gaguk; SARI, Mirna; PUTRANTO, Gembong Djoni. ANALISIS PENGARUH VANE TERHADAP KARAKTERISTIK DISTRIBUSI TEKANAN AIRFOIL DOUBLE-SLOTTED FLAP PESAWAT N2XX. Elemen : Jurnal Teknik Mesin, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 92 - 95, dec. 2017. ISSN 2581-2661. Available at: <http://je.politala.ac.id/index.php/JE/article/view/56>. Date accessed: 23 sep. 2019. doi: https://doi.org/10.34128/je.v4i2.56.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.