PEMROSESAN AWAL SINYAL AUDITORY EVOKED RESPONSES (AER)

  • Sukma Firdaus Jurusan Mesin Otomotif Politeknik Negeri Tanah Laut

Abstract

Auditory evoked responses (AER) adalah representasi dari proses neurofisiologi di dalam otak akibat stimulus suara pada sistem pendengaran. AER muncul ketika stimulus yang diberikan pada sistem pendengaran direspon oleh otak. AER akan muncul dengan waktu yang cepat setelah diberikannya stimulus. Sinyal AER mampu merepresentasikan proses neurofisiologi yang terjadi di dalam otak, khususnya sistem saraf pendengaran. Informasi dari AER berada didalam sinyal EEG, maka filter digital yang harus didesain adalah filter bandpass. Untuk cutoff frekuensi dari filter adalah sesuai dengan rentang dari frekuensi EEG, yaitu 0.3 Hz samapi 30 Hz. Jenis filter menggunakan bandpass butterworth orde 4. Untuk dapat menganalisa kedalam domain frekuensi, sinyal terlebih dahulu harus ditransformasi menggunakan Fourier. Transformasi Fourier (TF) direpresentasikan kedalam persamaan matematis seperti pada persamaan 1. TF berjalan sesuai dengan translasi suatu fungsi dalam domain waktu kedalam fungsi dari domain frekeunsi. proses filtering berjalan dengan baik yang ditandai dengan teredamnya komponen frekuensi 50 Hz dan penurunan nilai MPF setelah proses filtering serta ditambah dengan pengujian statistik yang menyatakan terdapat perbedaan antara sebelum difilter dengan setelah difilter.

Author Biography

Sukma Firdaus, Jurusan Mesin Otomotif Politeknik Negeri Tanah Laut
Jurusan Mesin Otomotif Politeknik Negeri Tanah Laut
Published
2015-03-22
How to Cite
FIRDAUS, Sukma. PEMROSESAN AWAL SINYAL AUDITORY EVOKED RESPONSES (AER). ELEMEN : JURNAL TEKNIK MESIN, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 10-13, mar. 2015. ISSN 2581-2661. Available at: <http://je.politala.ac.id/index.php/JE/article/view/22>. Date accessed: 04 apr. 2020. doi: https://doi.org/10.34128/je.v1i1.22.
Section
Articles

Keywords

Auditory Evoked Responses; Filtering; Transformasi Fourier

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.