PENGARUH CELAH KATUP ISAP DAN RPM TERHADAP EMISI GAS BUANG PADA SEPEDA MOTOR 125 CC

Authors

  • Budiyono Budiyono universitas muhammadiyah pekajangan pekalongan

DOI:

https://doi.org/10.34128/je.v7i1.114

Abstract

Di Indonesia kurang lebih 70 % pencemaran udara disebabkan oleh emisi gas buang kendaraan bermotor,Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh jarak renggang katup (valve clearance) terhadap gas buang CO dan HC pada sepeda motor Supra X 125 CC tahun 2015, dalam penelitian ini sebagai batasan penelitian adalah Mengukur celah katup , dan mengukur kadar Carbon monoksida (CO) % , Hidro Carbon (HC) Ppm

Penelitian yang berjudul pengaruh celah katub isap terhadap emisi gas buang (CO dan HC ) pada sepeda Motor supra X tahun 2015 dilakukan dibengkel Program Studi Teknik Mesin diploma tiga Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan (UMPP) dengan objik uji adalah sepeda motor supra X tahun 2015 4 tak 125 cc pada putaran 1500 Rpm, 2000 Rpm  , 2500 Rpm , celah katup 0,08 mm , 0,10 mm , 0,12 mm . Masing masing pengujian dilakukan pengulangan sebanyak 3 kali untuk mendapatkan hasil lebih akurat.

Hasil penelitian menunjukan pengaruh jarak celah Katub pada jarak celah katub standar .   pengujian kadar emisi gas buang CO pada sepeda motor dengan uji celah kabub isap 0,08 mm , 0,1 mm dan 0,12 mm  hasil terbaik pada celah 0,1 mm pada putaran 2500 rpm yang menghasilkan 0,19 % dan pengujian kadar emisi gas buang HC pada sepeda motor dengan uji celah katub 0,08 mm , 0,1 mm dan 0,12 mm hasil terbaik pada celah 0,12 pada putaran 1500 Rpm  yang menghasilkan 63 Ppm

 

Kata Kunci : sepeda motor , katub , gas buang

References

[1] P. Tipe, B. Terhadap, E. Gas, and B. Sepeda, “Automotive Experiences,” Pengaruh tipe busi terhadap emisi gas buang sepeda Mot., vol. 1, no. 03, pp. 64–69, 2018.
[2] parlindungan s Pasaribu, “Pengaruh celah katup dan campuranbahan bakar pertamax turbo dengan premium terhadap emisi gas buang pada mobil 1500 CC,” Tapanuli Jurnalis, vol. 1, p. 283289, 2019, doi: 10.1017/CBO9781107415324.004.
[3] A. Razali, H. Maksum, J. Prof, H. Air, and T. Padang, “Perbandingan Gas Karbon Monoksida ( CO ) dan Hidrokarbon ( HC ) yang Menggunakan Catalyst Kuningan dengan Catalyst Tembaga pada Motor Empat Langkah,” AEEJ Tek. Otomotif FT UNP, vol. 2, p. 2, 2014.
[4] Mulyadi, “optimasi penggunan visikositas pelumas penyetelan celah katub dan celah elektroda busi terhadap emisi gas buang sepeda motor,” rekayasa, vol. 4, no. 2407–8301, pp. 1–8, 2017.
[5] N. F. Tri Cahyono, Akhmad Farid, “Pengaruh jarak celah katup terhadap unjuk kerja motor bakar injeksi,” Widya Tek., vol. 23, no. 1, pp. 48–52.
[6] H. DosenJurusan, T. Mesin, S. Yogyakarta, and Y. Tunggal, Babarsari Catur Tunggal, “Pengaruh Peregangan Katup Terhadap Unjuk Kerja Generator Set Tipe Et 2500 L,” Pros. Semin. Nas. ke 9, pp. 296–300, 2014.

Published

2020-06-28

How to Cite

Budiyono, B. (2020). PENGARUH CELAH KATUP ISAP DAN RPM TERHADAP EMISI GAS BUANG PADA SEPEDA MOTOR 125 CC. ELEMEN : JURNAL TEKNIK MESIN, 7(1), 23–27. https://doi.org/10.34128/je.v7i1.114

Issue

Section

Articles