PERANCANGAN DAN OPTIMASI SISTEM PEMBANGKIT LISTRIK MIKROHIDRO DENGAN DAYA 8.5 KW

  • Rusuminto Rusuminto Politeknik Negeri Tanah Laut
  • Wibowo Paryatmo

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai perancangan dan optimalisasi turbin air dengan memanfaatkan sumber energi air yang mempunyai ketinggian kotor 18 meter dengan beda ketinggian 12,1 meter, sungai tiwingan mempunyai debit 0,33 meter kubik perdetik dengan potensi daya listrik 8,5 Kw. Dari analisa yang didapat diperoleh jenis turbin yang sesuai adalah jenis turbin Crossflow, dipilihnya jenis turbin tersebut dikarenakan ketersedian teknologi secara lokal dan biaya pembuatan yang lebih murah metode yang dipakai adalah menganalisa segitiga kecepatan pada bagian runner turbin dengan memvariasikan sudut alfa, dari sudut alfa 7 derajat sampai dengan 16 derajat dengan mengambil sudut aliran alfa 14 derajat sebagai contoh rancangan. Hasil yang diperoleh dari pengambilan contoh sudut aliran 14 derajat adalah 89.457 Kw

Author Biography

Rusuminto Rusuminto, Politeknik Negeri Tanah Laut
Jurusan Mesin Otomotif, Politeknik Negeri Tanah Laut

Published
2016-06-07
How to Cite
RUSUMINTO, Rusuminto; PARYATMO, Wibowo. PERANCANGAN DAN OPTIMASI SISTEM PEMBANGKIT LISTRIK MIKROHIDRO DENGAN DAYA 8.5 KW. Elemen : Jurnal Teknik Mesin, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 19-22, june 2016. ISSN 2581-2661. Available at: <http://je.politala.ac.id/index.php/JE/article/view/18>. Date accessed: 23 sep. 2019.
Section
Articles

Keywords

energi mikrohidro; turbin; cross flow

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.