STUDI EKSPERIMEN REDAMAN GETARAN TRANSLASI DAN ROTASI DENGAN PENAMBAHAN DDVA (DUAL DYNAMIC VIBRATION ABSORBER) PADA SISTEM UTAMA 2 DOF

Authors

  • Abdul Rohman Politeknik Negeri Banyuwangi

DOI:

https://doi.org/10.34128/je.v5i2.76

Keywords:

Eksitasi, DVA, DOF, Getaran Translasi dan Rotasi

Abstract

Getaran yang berlebih pada system konstruksi  dari nilai frekuensi alaminya maka  system konstruksi tersebut dapat menuju kerusakan sehingga dibutuhkan pencegahan mekanisme yang mampu meredam atau menahan getaran tersebut. Salah satu cara peredaman getaran adalah penggunaan Dynamic Vibration Absorber (DVA). DVA merupakan sistem massa, damper, dan pegas yang ditambahkan pada sistem utama. Jenis peredam ini akan bergerak bersamaan dengan sistem utama sehingga getaran  pada sistem utama dapat diredam. Dalam usaha dalam peredaman getaran, suatu modifikasi penggunaan DVA diperlukan. Salah satu modifikasi DVA adalah penggunaan Dual Dynamic Vibration Absorber (DDVA) pada sistem utama.  DDVA merupakan dua buah DVA terpisah yang dipasang pada sistem utama dengan jarak tertentu. Pada eksperimen ini mengukur pengaruh penambahan dual DVA terhadap respon getaran translasi dan rotasi pada sistem utama 2-DOF. Dalam pemahaman mengenai fenomena tersebut dibuat model dinamis sistem tanpa penambahan DVA dan sistem dengan penambahan dual DVA. Model dinamis sistem tanpa penambahan DVA digunakan sebagai pembanding terhadap sistem dengan penambahan Dual DVA. Dalam persamaan model dinamis tersebut disimulasikan dengan software Simulink. Pada hasil penelitian eksperimen yang dihasilkan pada redaman arah translasi dan rotasi dapat mereduksi getaran dengan DDVA di rasio frekuensi rata-rata error 2,98 % dan 0,85 %. Pengurangan getaran translasi maksimum untuk rentang frekuensi 0,6219 Hz sampai dengan 1,6611 Hz untuk arah translasi dan 1,585 Hz s.d 4,440 Hz untuk arah rotasi.

References

[1] Susastro. 2015. Pengaruh Perubahan Posisi Massa SDVA Dari Titik Berat Massa Utama Terhadap Karakteristik Getaran Translasi-Rotasi Sistem Utama 2 DOF,. Tesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya.
[2] Machfuroh T. 2016. Studi Pengaruh Penambahan Dual Dynamic Vibration Absorber (DVA) –dependet terhadap Respon Getaran Translasi dan Rotasi Pada Sistem Utama 2 DOF,. Tesis Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya.
[3] Krenk, Steen. 2013. “Tuned Mass Absorber On A Fleksible Structure”. Science Direct. 1577-1595.
[4] Lostari. A. 2015. Studi Perbandingan Pengaruh Penambahan SDVA dan DDVA Tersusun Seri Terhadap Respon Getaran Translasi Sistem Utama.. Tesis Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya.
[5] Yoshida, Kazuo. 1996. “Active Vibration Control For Builder Subjected To Horizontal And Vertical Large Seismic Excitation”. IEEE Procedings of the 35 th. Coference on decision abd Control.7803-3590-2.

Published

2019-02-18

How to Cite

Rohman, A. (2019). STUDI EKSPERIMEN REDAMAN GETARAN TRANSLASI DAN ROTASI DENGAN PENAMBAHAN DDVA (DUAL DYNAMIC VIBRATION ABSORBER) PADA SISTEM UTAMA 2 DOF. ELEMEN : JURNAL TEKNIK MESIN, 5(2), 49–53. https://doi.org/10.34128/je.v5i2.76

Issue

Section

Articles