PENGARUH PENAMBAHAN ZAT ADITIF PADA BAHAN BAKAR TERHADAP EMISI GAS BUANG KENDARAAN BERMOTOR

  • Yoyo Saputro universitas muhammadiyah pekajangan pekalongan
  • Imam Prasetyo unmuh pekajang pekalongan

Abstract

Asap sepeda motor menjadi salah satu penyumbang polusi terbesar di kota besar tak terkecuali di Indonesia. Maka dari itu munculah beberapa macam varian untuk mengurangi polusi tersebut, termasuk zat aditif yang dicampurkan pada bahan bakar yang mempunyai fungsi yang berbeda-beda diantara salah satunya yang memiliki fungsi untuk meningkatkan nilai oktan bahan bakar sehingga emisi gas buang yang dihasilkan oleh kendaraan sedikit berkurang. Salah satu perusahaan ternama yaitu PT. Synergy World telah mengeluarkan produk dari Eco Racing. Dimana Eco Racing adalah sebuah produk yang berbentuk tablet yang terbuat dari bahan-bahan 100 % organik sehingga aman untuk mesin dan manusia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan zat aditif Eco Racing terhadap kadar emisi gas buang, perbandingan variasi jumlah tablet Eco Racing yang dihasilkan terhadap kadar emisi gas buang, perbedaan emisi paling rendah yang dihasilkan dari variasi jumlah tablet Eco Racing. Hasil dari tugas akhir ini adalah kadar CO paling rendah yaitu 0,15% pada campuran bahan bakar pertalite dengan Eco Racing sebanyak 1 butir dan untuk HC yang paling rendah adalah 124 Ppm pada campuran bahan bakar pertalite dengan Eco Racing sebanyak 1 butir, emisi tererndah pada saat menggunakan bahan bakar pertalite dengan campuran 1 butir yaitu: 0,15 % CO (Carbon monoxide) dan untuk HC (Hydro Carbon) yang paling rendah adalah dengan bahan bakar pertalite dengan campuran 1 butir yaitu: 124 Ppm.

References

[1] Ismiyati, D. Marlita, and D. Saidah, “Pencemaran Udara Akibat Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor,” J. Manaj. Transp. Logistik, vol. 01, no. 03, pp. 241–248, 2014.
[2] A. NurKholisah, Jejak Karbon dan Kenaikan Emisi Gas Buang. .
[3] K. Basri and U. N. Cendana, TEKNIK Pemeliharaan : Panduan Pemeliharaan Mobil, no. September. 2018.
[4] Muharyoso, “Memelihara dan Memperbaiki Sistem Kontrol Emisi,” p. 85, 2018.
[5] D. Misdarpon and M. F. Drs, Keselamatan Kerja Dan Kesehatan Lingkungan 2. 2013.
[6] A. Mardiansyah, ANALISIS PERFORMA MESIN MENGGUNAKAN BAHAN BAKAR PREMIUM TERHADAP DAYA DAN TORSI PADA TOYOTA KIJANG INNOVA ENGINE 1TR-FE. 2015.
[7] Farkhan, ANALISIS PERFORMA MESIN MENGGUNAKAN CAMPURAN BAHAN BAKAR PREMIUM DENGAN ETHANOL TERHADAP DAYA DAN TORSI PADA TOYOTA KIJANG INNOVA TIPE 1TR-FE. 2015.
Published
2020-12-27
How to Cite
SAPUTRO, Yoyo; PRASETYO, Imam. PENGARUH PENAMBAHAN ZAT ADITIF PADA BAHAN BAKAR TERHADAP EMISI GAS BUANG KENDARAAN BERMOTOR. ELEMEN : JURNAL TEKNIK MESIN, [S.l.], v. 7, n. 2, p. 148-156, dec. 2020. ISSN 2581-2661. Available at: <http://je.politala.ac.id/index.php/JE/article/view/131>. Date accessed: 01 mar. 2021. doi: https://doi.org/10.34128/je.v7i2.131.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.